Monday, July 6, 2015

Jangan memanaskan air dengan microwave

Dangerous!!
⇨Boiling Water With Microwave

Semoga tulisan di bawah ⇩bisa jadi perhatian kita semua, terutama para ibu rumah tangga....
• copy dr sblah!!

Anak saya yang berumur 26 tahun memutuskan untuk membuat minuman kopi. Ia mengambil secangkir air & dipanaskan dalam microwave sampai mendidih (sebagaimana sdh sering ia lakukan sebelumnya).

Saya tak tahu pasti berapa lama dia mengeset timer pada microwave tsb, tetapi dia mengatakan kalau dia ingin air tsb mendidih! Ketika timernya sudah otomatis mati, ia mengambil cangkir tsb, dari dalam oven. Dia lihat ke dalam cangkir & air dalam cangkir NAMPAK tidak mendidih, tetapi tiba² air di dalam cangkir "MUNCRAT" ke wajahnya. Cangkir tsb masih tetap dipegang sampai ia melemparkannya, tapiii.. semua air panas telah muncrat ke wajahnya akibat adanya energi.

Seluruh wajahnya melepuh & dia mengalami luka bakar (kulit ari) & kulit jangat melepuh ber-air, yang mungkin akan meninggalkan bekas luka. Dia juga hampir kehilangan sebagian penglihatan pada mata kirinya.

Sewaktu d RS, dokter yg merawat mengatakan bahwa hal ini sering terjadi & seharusnya TAK MEMANASKAN AiR (HANYA AiR/CAiRAN!!) di microwave oven.
Jika air dipanaskan dengan cara ini (dalam microwave), harus masukkan sesuatu ke dalam cangkir untuk bisa men-diffuse energi mis.nya stik kayu, tea-bag (teh celup) dll.
Namun akan lebih aman jika masak air d ketel air.

Mohon teruskan info ini kepada semua rekan & keluarga.

⇨ Respons dari Microvae Supplier :
Terimakasih untuk kontak dengan kami. Kami sangat senang dapat membantu anda. Pesan yang anda terima adalah benar. Memasukkan air & cairan lainnya ke dalam microwave tidak selalu nampak mendidih (ada gelembung² udara) pada saat mencapai titik didih.

Air/liquid tsb dapat mengalami "superheated /super-panas" & sama sekali tak mengeluarkan gelembung² air.
Cairan yang mengalami "superheated/super-panas" akan
menggelembung/muncrat ketika cangkir dipindahkan atau saat sesuatu mis.nya seperti sendok/teh celup dimasukkan k dalamnya.

Untuk mencegah hal ini terjadi & mengakibatkan cedera, JANGAN PANASKAN AiR atau cairan apapun ke dalam microwave lebih dari 2 menit untuk tiap cangkir.

Setelah pemanasan, biarkan cangkir tsb tetap dalam microwave untuk sekitar 30 detik sebelum memindahkan atau menambahkan sesuatu kdlm cangkir tsb. Mudah²an brmanfaat..

No comments:

Post a Comment

Monggo..
silahkan di isi komentarnya..
Siapapun boleh, en gak di gigit balik kok..