Tuesday, June 23, 2015

Bersemilah syaban

BERSEMILAH SYA'BAN

Alhamdulillah... Tak terasa kita telah memasuki bulan Sya'ban, bulan persiapan menuju Ramadhan. Abu Bakar Al-Balkhi yang mengatakan:

شَهْرُ رَجَب شَهْرُ الزَّرْعِ، وَشَهْرُ شَعْبَانَ شَهْرُ سُقْيِ الزَّرْعِ، وَشَهْرُ رَمَضَانَ شَهْرُ حَصَادِ الزَّرْعِ.

“Bulan Rajab adalah bulan utk menanam & Sya’ban adalah bulan untuk menyirami tanaman, sementara bulan Ramadhan adalah bulan untuk memetik hasil panen.” (Lathaif Al-Maarif)

Diantara amalan yg dianjurkan untuk dilakukan pd bulan Sya'ban adalah memperbanyak puasa sebagaimana yg dilakukan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam.

Ummul Mukmini Aisyah radhiallahu anha mengabarkan:

كَانَ رَسُولُ اللهِ -صلى الله عليه وسلم- يَصُومُ حَتَّى نَقُولَ لاَ يُفْطِرُ وَيُفْطِرُ حَتَّى نَقُولَ لاَ يَصُومُ, فَمَا رَأَيْتُ رَسُولَ اللهِ -صلى الله عليه وسلم- اسْتَكْمَلَ صِيَامَ شَهْرٍ إِلاَّ رَمَضَانَ وَمَا رَأَيْتُهُ أَكْثَرَ صِيَامًا مِنْهُ فِي شَعْبَانَ.

“Dahulu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berpuasa sampai²  kami mengatakan bahwa beliau tdk berbuka, dan berbuka sampai²  kami mengatakan bhw beliau tidak berpuasa. Dan saya tidak pernah melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyempurnakan puasa selama sebulan penuh kecuali di bulan Ramadhan. Dan saya tdk pernah melihat beliau banyak melakukan puasa melebihi puasanya di bulan Sya’ban.”

(HR. Bukhari Muslim)

Seperti halnya sholat fardhu yg memiliki rowatib (qabliyah & ba'diyah), maka puasa Ramadhan juga demikian. Dimana puasa pd bulan Sya'ban menjadi qabliyahnya sementara puasa 6 hari di bulan Syawwal menjadi ba'diyahnya. Dengan melakukan rowatib ini diharapkan dpt menutupi kekurangan yg ada pd bulan Ramadhan nanti. 

Selamat menunaikan puasa Sya'ban

Catatan: Puasa Sya'ban bisa dilakukan kapan saja (mutlak) selama bulan sya'ban, terkecuali pd hari yg diragukan yaitu 1 atau 2 hr menjelang Ramadhan.
Bagi yang berpuasa di hari Jum'at/Sabtu hendaknya dibarengi dgn sehari sebelum/ sesudahnya.
Wallahu a'lam

Ust. ACT El-Gharantaly

No comments:

Post a Comment

Monggo..
silahkan di isi komentarnya..
Siapapun boleh, en gak di gigit balik kok..