Thursday, November 6, 2008

Lagi-lagi di China, Bayi Meninggal Setelah Disuntik Herbal



 

 

 

 

Lagi-lagi di China, Bayi Meninggal Setelah Disuntik Herbal
Rita Uli Hutapea - detikNews


AFP

Beijing - Lagi-lagi produk buatan China memakan korban jiwa. Di tengah skandal susu bermelamin, seorang bayi yang baru berumur 9 hari meninggal setelah menerima suntikan herbal. Tiga bayi baru lahir lainnya jatuh sakit akibat produk yang sama.

Buntut kejadian tersebut, Kementerian Kesehatan China memerintahkan seluruh rumah sakit di negeri itu untuk berhenti menggunakan suntikan herbal tersebut. Ekstrak tumbuh-tumbuhan yang di China dikenal sebagai yinzhihuang itu kini dilarang digunakan pada pasien.

Demikian disampaikan Kementerian Kesehatan China seperti dilansir harian Straits Times, Selasa (21/10/2008).

Obat tersebut tadinya digunakan untuk menyembuhkan penyakit hati dan sakit kuning pada bayi. Akibat kejadian ini, produsen obat tersebut, Taihang Pharmaceutical telah menarik produk herbal tersebut dari pasaran.

Ini merupakan kali kedua dalam sebulan ini obat-obatan herbal menjadi pemicu kematian sejumlah orang di China. Belum lama ini, tiga orang meninggal akibat suntikan herbal yang digunakan untuk mengobati penyakit jantung dan thrombosis.

Obat yang mengandung ekstrak ginseng itu diproduksi oleh sebuah perusahaan di Provinsi Heilongjiang. Obat tersebut telah menimbulkan efek samping yang berbahaya pada 6 pasien di Provinsi Yunan. Namun tiga orang di antaranya kemudian meninggal dunia.

(ita/iy)

http://www.detiknews.com/read/2008/10/21/105509/1023311/10/lagi-lagi-di-china-bayi-meninggal-setelah-disuntik-herbal

__._,_.___

No comments:

Post a Comment

Monggo..
silahkan di isi komentarnya..
Siapapun boleh, en gak di gigit balik kok..